New Product Development Professional (NPDP)|2025-08-05
Kompetensi unggul dalam Pengembangan Produk Baru menjadi kunci untuk menghadapi tantangan dalam inovasi dan pertumbuhan bisnis. Manajer yang memahami proses pengembangan produk dapat membantu organisasi untuk merespons perubahan pasar dan menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Sertifikasi New Product Development Professional (NPDP) yang dikembangkan oleh PDMA (The Product Development and Management Association), menjadi standar global untuk para praktisi pengembangan produk baru. Program ini menawarkan panduan komprehensif dan mendalam untuk memahami strategi pengembangan produk, manajemen portofolio, proses produk baru, serta riset pasar dan siklus hidup produk.
Dengan mempelajari tujuh unit kompetensi, peserta NPDP akan menguasai berbagai aspek dalam pengembangan produk, mulai dari perumusan strategi hingga implementasi produk di pasar. Ini mencakup pengetahuan tentang bagaimana mengidentifikasi peluang pasar, mengelola risiko, dan memahami kebutuhan pelanggan.
Mengikuti pelatihan dan lulus uji sertifikasi NPDP tingkat internasional yang dikeluarkan oleh PDMA Global bukan hanya meningkatkan kredibilitas individu, tetapi juga membawa manfaat besar bagi pengembangan organisasi. Sertifikasi ini menandakan bahwa organisasi memiliki tim yang terlatih dan memiliki standar kompetensi global dalam pengembangan produk baru, membantu perusahaan untuk bersaing secara efektif di pasar global yang terus berkembang.
Topik:
Sertifikasi NPDP secara formal memahami kebutuhan para profesional dan korporasi atas konsistensi proses, disiplin ilmu, serta praktek manajemen. Cakupan fokus materi kunci dalam sertifikasi meliputi tujuh kerangka pengetahuan yakni:
1. Strategi
Terkait kerangka dan alat mencapai tujuan perusahaan yang terintegrasi dengan inovasi dan pengembangan produk beserta ruang lingkup dan level penerapannya.
2. Manajemen Portofolio
Terkait optimalisasi pengelolaan portofolio produk dan aspek-aspek terkait yang mendorong peningkatan kinerja produk secara keseluruhan.
3. Proses Produk (dan Jasa) Baru
Terkait konsep fundamental dan praktek terbaik dari variasi proses pengembangan produk termasuk para pemangku kepentingan dan sumber daya yang terlibat.
4. Metrik dan Alat Bantu
Terkait upaya pengukuran kinerja dan proses serta berbagai alat bantu pendukung peningkatan efektivitas dan efisiensi secara sistematis dan berkesinambungan.
5. Riset Pasar
Terkait metodologi dan sistematika dalam pengambilan dan pengolahan data serta informasi mengenai pelanggan, pasar, kompetisi, dan lainnya sebagai dasar pengambilan keputusan.
6. Tim, Budaya, dan Organisasi
Terkait pengembangan sumber daya manusia berkinerja tinggi baik sebagai individu maupun tim dengan melibatkan pertimbangan aspek keorganisasian seperti budaya dan struktur perusahaan.
7. Siklus Hidup Produk (dan Jasa)
Terkait strategi dan manajemen pengelolaan produk dan jasa pada berbagai fase daur hidupnya sehingga memberikan manfaat berkelanjutan
Peserta Pelatihan:
Professional bidang pengembangan / Inovasi Produk.
Persyaratan Peserta Ujian:
• Pendidikan minimal S1.
• Berpengalaman Min 2 tahun dalam bidang pengembangan produk.
• Mengikuti Pelatihan NPDP.