Customer Satisfaction Management [In Class Training]
Ketatnya persaingan di berbagai industri jasa maupun produk menjadi salah satu alasan perusahaan untuk terus memastikan pengelolaan interaksi antara perusahaan dan pelanggan sehingga pelanggan dapat memperoleh kepuasan. Untuk menghasilkan kualitas layanan yang prima tersebut diperlukan sistem layanan yang terintegrasi, yang meliputi layanan front stage maupun dukungan backstage dari suatu perusahaan. Perusahaan juga perlu mengetahui kualitas layanan, mengevaluasi persepsi pelanggan terhadap produk dan pelayanan, dengan berbagai metode riset yang terintegrasi pada setiap rangkaian layanan yang diperoleh dari gambaran service blueprint (cetak layanan). Hal ini juga telah menjadi salah satu persyaratan di dalam ISO 9001:2008. Dari hasil review ataupun penilaian pelanggan tersebut, perusahaan dapat melakukan perbaikan dan peningkatan pada proses layanan yang akan menghasilkan kepuasan pelanggan dan secara tidak langsung akan berujung pada loyalitas pelanggan dan berkorelasi positif pada peningkatan profit perusahaan.
Apa tujuan yang akan dicapai
Setelah selesai mengikuti program ini, peserta diharapkan
mampu:
Memahami tentang konsep kepuasan pelanggan
terpaduMemahami dan mampu membuat service blueprint
Memahami pentingnya melakukan redesign terhadap service
blueprint untuk meningkatkan kualitas layanan
Apa Saja yang Dibahas
Pengenalan Konsep Pengelolaan Sistem
Contoh-contoh best practice dari perusahaan dengan customer
satisfaction management yang unggulPenyusunan Service Blueprint
Konsep Kepuasan Pelanggan
Desain Riset Pengukuran Kepuasan Pelanggan
Desain Kuesioner Pengukuran Kepuasan
PelangganTeknik Analisis Hasil Pengukuran Kepuasan
Pelanggan