Certified Procurement Specialist (CPSp)|2025-07-07

Tickets
From Rp 9,000,000.00 to Rp 10,500,000.00
Tickets ×
Certified Procurement Specialist|2025-07-07 | Live Virtual Training (LVT)
Sales end on 7/6/25, 4:00 PM Asia/Jakarta
Rp 9,000,000.00 9000000.0 IDR
Certified Procurement Specialist|2025-07-07 | In Class Training (ICT)
Sales end on 7/6/25, 4:00 PM Asia/Jakarta
Rp 10,500,000.00 10500000.0 IDR
      Hadirnya Peraturan Presiden RI No. 12 tahun 2021 yang merupakan perubahan atas Perpres 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa pemerintah menyatakan bahwa kewajiban memiliki sertifikat kompetensi bagi pejabat pengadaan. Kompetensi professional pengadaan dibangun berdasarkan kluster proses pengadaan sesuai dengan keputusan BNSP No: 0932/BNSP/IX/ 2017 dan berdasarkan SKKNI sesuai KEPMENAKER No 70 tahun 2016.

    Untuk mengoptimalkan kinerja pengelola unit pengadaan di setiap organisasi, maka dibutuhkan tenaga terampil dan memiliki sertifikat kompetensi, sehingga mampu memberikan nilai tambah terhadap penilaian organisasi, hasil pengadaan serta menekan biaya pengeluaran secara sistematis sehingga dapat meningkatkan laba/ efisiensi biaya organisasi.

    Certified Procurement Specialist (CPSp) bertujuan agar para peserta mampu melaksanakan proses pengadaan Barang/Jasa (PBJ) dari perencanaan pengadaan sampai dengan penetapan penyedia Barang/Jasa. Sehingga akan menghasilkan efisiensi pengeluaran biaya PBJ bagi organisasi yang berujung pada peningkatan laba/efisiensi biaya.


Manfaat Apa Yang Anda Peroleh:
Setelah selesai mengikuti program ini, peserta diharapkan mampu:
1. Mampu menelaah dan melakukan penyelarasan kebijakan PBJ.
2. Dapat merumuskan organisasi dan menyusun kebutuhan anggaran PBJ.
3. Mampu menyusun dokumen, spesifikasi teknis, rancangan kontrak dan harga yang diperkirakan.
4. Memahami pengkajian ulang paket dan pemilihan penyedia Barang/Jasa.
5. Dapat memahami persiapan dan pelaksanaan PBJ.
6. Mampu mengevaluasi dokumen penawaran dan kinerja penyedia Barang/Jasa.


Topik:
1. Menelaah Lingkungan PBJ.
2. Menyusun kebutuhan dan anggaran pengadaan Barang/Jasa.
3. Menyusun spesifikasi teknis.
4. Mengkaji ulang paket pengadaan Barang/Jasa.
5. Memilih penyedia Barang/Jasa.
6. Menyusun dokumen pengadaan Barang/Jasa.
7. Melakukan kualifikasi penyedia Barang/Jasa.
8. Melakukan Evaluasi kinerja penyedia Barang/Jasa.
9. Menyampaikan penjelasan dokumen pengadaan Barang/Jasa.
10. Mengevaluasi dokumen penawaran.
11. Mengelola sanggahan.
12. Melakukan Negosiasi.


Peserta Pelatihan:
Peserta yang berasal baik dari Institusi pemerintah, BUMN, BUMD, BLU maupun swasta yang melakukan pemenuhan kebutuhan melalui pengadaan Barang/Jasa.



Date & Time
Monday
July 7, 2025
Start - 8:00 AM
Friday
July 25, 2025
End - 5:00 PM Asia/Jakarta
Location

PT PUSTAKA BINAMAN PRESSINDO - PPM MANAJEMEN

Gedung Bina Manajemen
Jl. Menteng Raya No. 9 - 19
Kebon Sirih Menteng
JK 10340
Indonesia
+62 21 ­2300313
+6281350005314
customer@ppm-manajemen.ac.id
Get the direction
Organizer

DIVISI PROGRAM PELATIHAN SERTIFIKASI

sertifikasi@ppm-manajemen.ac.id
SHARE

Find out what people see and say about this event, and join the conversation.