Designing Standard Operating Procedure (SOP) [In-Class Training]
Saat kondisi persaingan semakin ketat, konsistensi kualitas hasil kerja – baik berupa produk maupun jasa, serta kualitas proses kerja sangat diperlukan untuk meningkatkan dan menjaga kepercayaan pelanggan. Tumpang tindih tugas merupakan hal yang sukar dihindari dalam aktivitas antar bagian, departemen, atau divisi. Oleh karena itu dibutuhkan pengelolaan organisasi agar tidak terjadi salah komunikasi, konflik antar fungsi yang berkepanjangan atau bahkan saling melepaskan tanggung jawab, sehingga menimbulkan penurunan kinerja organisasi. Program ini akan menuntun peserta dalam menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP), sehingga kualitas proses kerja & kualitas hasil kerja dalam organisasi dapat meningkat.
Apa tujuan yang akan dicapai
Setelah selesai mengikuti program ini, peserta diharapkan
mampu memahami:
Memahami perbedaan sistem tata kerja yang berlaku
diperusahaan, serta mampu menyusun rantai nilai yang
sesuai dengan model bisnis yang diharapkanMenyusun matriks tanggung jawab dan keterkaitan antar proses
bisnis yang adaMenyusun dokumen SOP yang dilengkapi dengan diagram,
deskripsi, dan keterangan lainnya yang diperlukan dalam
dokumen SOPMengidentifikasi peluang perbaikan dalam proses bisnis dan
peluang penggunaan tools lain dalam merancang SOP
Apa Saja yang Dibahas
Pemetaan Proses Bisnis
Pemetaan Matriks Tanggung Jawab
Penyusunan SOP
Peluang Perbaikan SOP
Siapa Saja yang Perlu Ikut
Profesional pada posisi staf dari berbagai divisi/departemen di
organisasi yang bertanggung jawab mengelola dan mendoku-
mentasikan sistem dan prosedurProfesional dari berbagai divisi/departemen di organisasi yang
berminat untuk memahami penyusunan dan pembuatan SOP
yang tepat bagi organisasiAnalis Sistem Prosedur